Pariwisata Depok belum bisa diandalkan

DEPOK, MONDE: Dunia pariwisata Depok belum bisa diandalkan, penyebab adalah minimnya sarana dan prasarana pendukung serta sosialisasi yang tidak efektif. Untuk mengetahui lebih lanjut kondisi pariwisata kota ini, Monde mewawancarai Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Depok Adityawarman. Berikut petikannya.

Menurut Anda apa yang menjadi kendala tidak majunya dunia pariwisata Depok?

 

Selama ini pemerintah kurang melakukan sosialisasi kepada publik seputar pariwista, akibatnya potensi pariwisata di Depok belum dikenal dengan baik. Selain itu, promosi dilakukan secara sepihak yakni oleh pemerintah Kota Depok sendiri, sedangkan para pelaku pariwisata tidak terlalu dilibatkan. Kemudian program pariwisata juga disusun dan dilaksanakan sendiri oleh pemerintah daerah sehingga hasilnya banyak yang tidak tepat sasaran.

 

Bagaimana saran Anda agar kendala pengembangan sektor pariwisata di kota ini bisa teratasi?

 

Menurut hemat saya, kebiasaan lama yang selama ini dilakukan oleh pemerintah harus diubah, salah satunya adalah konsep promosi yang selama ini dipegang pemerintah harus diserahkan kepada pelaku usaha pariwisata. Sebab yang memahami masalah pariwisata adalah pelakunya, sementara pemerintah melakukan pengawasan.

 

Jika promosi dilakukan oleh pelaku usaha, bagaimana dengan pemerintah daerah?

 

Wewenang pemerintah di sini tetap jelas, yakni membuat regulasi atau kebijakan yang dapat mendorong berkembangnya dunia pariwisata. Pemkot juga memberi fasilitas pelayanan yang memadai bagi majunya industri pariwisata. Pembagian yang jelas seperti ini akan memperlihatkan proses penanganan sektor pariwisata sesuai dengan bidangnya masing-masing. Jika kebijakan telah dibuat Pemkot, maka teknis pelaksananya adalah pelaku usaha.

 

Kendala lain apa yang menghambat perkembangan dunia wisata di Depok?

 

Sarana penunjang dunia pariwisata di Depok kurang memadai sehingga mengurangi kenyamanan pengunjungnya. Selain itu, masalah perizinan juga harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah ini.

 

Solusi apa yang perlu segera dilakukan bersama?

 

Dunia pariwisata membutuhkan peran serta berbagai pihak untuk memajukannya sehingga antara pelaku usaha dengan pemerintah harus saling bersinergi untuk memajukan dunia pariwisata di Depok ini. Pemerintah dan pelaku usaha harus duduk bersama membahas persoalaan pariwisata guna mencari solusi yang tepat bagi daerah ini. 

Sumber : www.monitordepok.com

17-Jul-2008 08:17:36

Ditulis dalam wisata depok. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Pariwisata Depok belum bisa diandalkan”

  1. ary Says:

    ada tuh yang menarik di depok, masjid kubah emas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: