Tersangka Pembunuh Rahmat Ditangkap

Depok, kompas – Tersangka pembunuh Rahmat Hidayat alias Rahma (19), pemenang kedua kontes ”Be A Man”, ditangkap aparat Kepolisian Sektor Beji, Depok, Jumat (18/7) petang. Tersangka bernama Janur alias Jerry (26) mengaku nekat menghabisi korban karena kesal tidak diberi rokok sekaligus berniat merampok telepon genggam korban.

Kepala Unit (Kanit) Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Beji Iptu Ketut Garis mengatakan, tersangka, yang dikenal sebagai preman dan pengamen, ditangkap sekitar pukul 16.30, saat ia baru selesai bermain Play Station (PS) di sebuah kedai video game di Pondok Cina.

”Dari beberapa saksi yang telah dimintai keterangan, tak ada seorang pun yang layak dijadikan tersangka. Keterangan mereka justru mengarah kepada Janur, yang terlihat berada di lokasi pada malam kejadian, hari Minggu pekan lalu. Dari keterangan para saksi juga muncul indikasi bahwa tersangka mengenal korban,” ujar Ketut Garis.

Tidak diberi rokok

Saat ditangkap, tersangka tidak melawan. Dalam pemeriksaan, tersangka mengakui telah membunuh korban. Pada Minggu, 13 Juli, Jerry melihat korban sedang duduk sendirian di peron stasiun Universitas Indonesia (UI) sambil menelepon.

”Tersangka menegur korban dan meminta sebatang rokok. Namun, korban mengatakan rokoknya habis,” kata Ketut Garis.

Tersangka diam-diam mengikuti korban yang terus menelepon sambil berjalan. Karena kesal tidak diberi rokok dan tergiur dengan telepon seluler yang ada di tangan korban, tersangka pun menusuk korban dengan badik dari arah belakang. ”Menurut tersangka, waktu itu korban tiba-tiba membalikkan badan sehingga yang kena tusuk adalah leher dan perutnya,” kata Ketut Garis lagi.

Tersangka kini dijerat dengan Pasal KUHP berlapis, yakni Pasal 338 tentang pembunuhan dan Pasal 365 tentang pencurian dan kekerasan, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun.

Seperti diberitakan (Kompas, Selasa, 15/7), Minggu malam itu, mayat Rahmat Hidayat alias Rahma ditemukan tergeletak di depan sebuah warung yang tutup di pinggir rel kereta api, tak jauh dari Stasiun Universitas Indonesia, Kelurahan Pondok Cina, Beji, Kota Depok. Banyaknya bekas luka tusuk di tubuh korban yang diduga seorang waria itu sempat menimbulkan dugaan bahwa motif pembunuhan adalah karena dendam. (muk/ong)

Senin, 21 Juli 2008 | 01:22 WIB

Sumber : http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/07/21/01221496/tersangka.pembunuh.rahmat.ditangkap

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: